Fungsi:
- Ukuran kadar hubungan antara dua himpunan atribut
- Skala pengukuran nominal
- Dipergunakan bila frekuensi tidak berurut
- data diskrit atau kontinyu
- Ukuran kadar hubungan antara dua himpunan atribut
- Skala pengukuran nominal
- Dipergunakan bila frekuensi tidak berurut
- data diskrit atau kontinyu
c2 = Chi kuadrat
N = jumlah data
L = angka terkecil untuk jumlah baris atau kolom
N = jumlah data
L = angka terkecil untuk jumlah baris atau kolom
Contoh:
Dalam suatu penelitian penyelidikan mengenai sifat dan akibat stratifikasi sosial dalam suatu masyarakat kecil di Barat Tengah Amerika Serikat. Hollingshead menemukan bahwa anggota-anggota masyarakat itu membagi mereka ke dalam lima kelas sosial: I, II, III, IV dan V. Ramalannya adalah para remaja dalam kelas-kelas sosial yang berlainan (Persiapan PT, Umum dan Perdagangan) mempunyai hubungan (dependen) dengan mengikuti kurikulum-kurikulum yang berbeda di sekolah menengah atas Elmtown,
Dalam suatu penelitian penyelidikan mengenai sifat dan akibat stratifikasi sosial dalam suatu masyarakat kecil di Barat Tengah Amerika Serikat. Hollingshead menemukan bahwa anggota-anggota masyarakat itu membagi mereka ke dalam lima kelas sosial: I, II, III, IV dan V. Ramalannya adalah para remaja dalam kelas-kelas sosial yang berlainan (Persiapan PT, Umum dan Perdagangan) mempunyai hubungan (dependen) dengan mengikuti kurikulum-kurikulum yang berbeda di sekolah menengah atas Elmtown,
Ho : Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara strata sosial dengan pemilihan kurikulum
H1 : Terdapat hubungan yang signifikan antara strata sosial dengan pemilihan kurikulum
H1 : Terdapat hubungan yang signifikan antara strata sosial dengan pemilihan kurikulum
Tes Statistik:
data diskrit dan skala data nominal
Bertujuan mencari hubungan/asosiasi, maka digunakan Asosiasi Cramer
data diskrit dan skala data nominal
Bertujuan mencari hubungan/asosiasi, maka digunakan Asosiasi Cramer
a = 1%
Kurikulum
|
Kelas
|
Total
|
|||||||
I & II
|
III
|
IV
|
V
|
||||||
Persiapan PT
|
23
|
40
|
16
|
2
|
81
|
||||
7.3
|
30.3
|
38.0
|
5.4
|
||||||
Umum
|
11
|
75
|
107
|
14
|
207
|
||||
18.6
|
77.5
|
97.1
|
13.8
|
||||||
Perdagangan
|
1
|
31
|
60
|
10
|
102
|
||||
9.1
|
38.2
|
47.9
|
6.8
|
||||||
Total
|
35
|
146
|
183
|
26
|
390
|
c2 hitung = 69.2
a = 1% dan c2 tabel = 16.81
(c2 hitung = 69.2) > (c2 tabel = 16.81) maka Ho ditolak
Maka:
Terdapat hubungan yang signifikan antara Pendaftaran kurikulum para siswa dengan keanggotaan kelas sosial di antara kaum muda Elmtown.
Terdapat hubungan yang signifikan antara Pendaftaran kurikulum para siswa dengan keanggotaan kelas sosial di antara kaum muda Elmtown.
Sumber:
Ronald M. Weiers, “Introduction To Business Statistics”, Third Edition, International Thompson Publishing, 1998.
W.J. Conover, “Practical Nonparametric Statistics”, Third Edition, John Wiley & Sons, Inc. 1999.
- baca juga korelasi pearson
- baca juga korelasi spearman
- baca juga korelasi konkordansi Kendal
- baca juga korelasi partial Kendal
- baca juga korelasi kontingensi Kendal
- baca juga korelasi kontingensi cramer
- baca juga korelasi phi
- baca juga korelasi eta
- baca juga korelasi Wilcoxon theta
- baca juga korelasi poin biserial
- baca juga korelai jaspen
- baca juga korelasi lamda
- baca juga korelasi gamma
- baca juga korelasi somer
0 komentar:
Posting Komentar