Misalkan
kita akan melihat hubungan: Y1(tingkat penggunaaan produk) dan
Y2(kepuasan konsulmen) dengan X1 (delivery speed), X2(prive level),
X3(price flexibelity), X4 (manufacture image),X5(overall
services),X6(salesforce imaje) dan X7(product quality).
Masukkna datanya
Lalu pilih New >Sintax
Ketikkan:
MANOVA Y1 Y2 WITH X1 X2 X3 X4 X5 X6 X7
/DISCRIM ALL ALPHA(1)
/PRINT=SIG(EIGEN DIM)
Klik run >all
Berikut hasilnya:
* * * * * * * * * * * * * * * * * A n a l y s i s o f V a r i a n c e -- Design 1 * * * * * * * * * * * * * * * * *
EFFECT .. WITHIN CELLS Regression
Multivariate Tests of Significance (S = 2, M = 2 , N = 44 1/2)
Test Name Value Approx. F Hypoth. DF Error DF Sig. of F
Pillais 1,13793 17,34849 14,00 184,00 ,000
Hotellings 7,53526 48,44098 14,00 180,00 ,000
Wilks ,09041 30,23526 14,00 182,00 ,000
Roys ,87781
Note.. F statistic for WILKS' Lambda is exact.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Terlihat bahwa semua uji signifikan yang berarti bahwa korelasi kanonik sihnifikan utnuk digunakan
Eigenvalues and Canonical Correlations
Root No. Eigenvalue Pct. Cum. Pct. Canon Cor. Sq. Cor
1 7,18369 95,33426 95,33426 ,93691 ,87781
2 ,35158 4,66574 100,00000 ,51002 ,26012
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Dimension Reduction Analysis
Roots Wilks L. F Hypoth. DF Error DF Sig. of F
1 TO 2 ,09041 30,23526 14,00 182,00 ,000
2 TO 2 ,73988 5,39083 6,00 92,00 ,000
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Terlihat
bahwa untuk fungsi kanonik yang pertama besarnya 0,93 dengan kovaraite
sebesar 87,79 persen. Sedangkan fungsi kanonikal kedua besarnya
korelasinya hanya 0,51.Sehingga untuk selanjutnya kita hnya akan
menggunakan fungsi kanonik pertama
Canonical Weight
Standardized canonical coefficients for DEPENDENT variables
Function No.
Variable 1 2
Y1 ,50066 -1,33038
Y2 ,58011 1,29771
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Correlations between DEPENDENT and canonical variables
Standardized canonical coefficients for COVARIATES
CAN. VAR.
COVARIATE 1 2
X1 ,22487 ,96475
X2 ,10285 ,86804
X3 ,56857 -,15962
X4 ,34802 1,45568
X5 ,44534 -1,53044
X6 -,05076 -,73624
X7 ,00068 -,47755
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Canonical Looading
Correlations between COVARIATES and canonical variables
CAN. VAR.
Covariate 1 2
X1 ,76433 -,10907
X2 ,06135 -,14143
X3 ,62368 -,12290
X4 ,41448 ,62618
X5 ,76527 -,22163
X6 ,34791 ,19949
X7 -,27828 -,21889
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Dari
hasil canonical weight maupun canonical loading dapat disimpulkan
memang terdapat hubungan signifikan antara dependen variabel dan
independen variabel atau tingkat penggunaaan produk dan kepuasan
konsulmen berkolerasi bersama-sama dengan X1 (delivery speed), X2(prive
level), X3(price flexibelity), X4 (manufacture image),X5(overall
services),X6(salesforce imaje) dan X7(product quality). Tanda positif
pada varibel delivery berarti semakin tinggi delivery speed maka akan
semakin tinggi kepuasan konsumen dan semakin tinggi penggunaan produk.
Begitu juga dengan semakin tinggi flesibelitas harga dan pelayanan
menyeluruh semakin tinggi penggunaan produk dan semakin tingi kepuasan
konsumen
sumber: buku analisis multivariat dalam ibm21 karya Iman Ghozali
Khusus Analisis Dengan Software STATA, Banxia Frontier Analysis (BFA)
BalasHapusFrontier 4.1, DEAP 2.1, SPSS, AMOS, LISREL, EVIEWS, SMARTPLS, Software R
WA : +6285227746673
IG : @olahdatasemarang