Seorang
peneliti ingin mengetahui apakah terdapat hubungan antara nilai
matematika dan nilai fisika siswa sekolah menengah. Saat ujian semester,
diambil 24 sampel acak dari suatu kelas. Dari 24 siswa yang menjadi
sampel, nilai matematika dan fisika mereka diteliti. Adapun data yang
nilai yang diperoleh adalah sebagai berikut:
math
|
fisika
|
math
|
fisika
|
math
|
fisika
|
35
|
36
|
68
|
72
|
79
|
85
|
54
|
58
|
45
|
47
|
61
|
63
|
31
|
33
|
47
|
49
|
88
|
92
|
58
|
62
|
74
|
78
|
85
|
91
|
35
|
37
|
51
|
53
|
87
|
93
|
62
|
66
|
78
|
82
|
94
|
98
|
39
|
41
|
75
|
81
|
71
|
73
|
41
|
43
|
57
|
59
|
98
|
82
|
Misal math=x, fisika= y
∑x=1513 ∑y=1574
∑x2=104611 ∑y2=112546
∑xy=108294
Diperoleh hasil r_xy=0.978
H0 : ρ=0
H1: ρ≠0
α=5 %
Statistik uji :
wilayah kritik : |Tstat | > Tα/2;n-2
Keputusan: karena Tstat= 21.83 > ttabel dan ρ < α sehingga tolak Ho
Kesimpulan
dengan tingkat/taraf nyata 5 persen dapat dinyatakan terdapat hubungan
korelasi yang kuat positif (berbanding lurus) dengan besar korelasi
0.978.
baca juga korelasi pearson dengan SAS
0 komentar:
Posting Komentar